Selasa, 11 Desember 2012

RPP PYTHAGORAS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah       : SMP . . .
Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas / Semester    : VIII / Ganjil
Materi Pokok        : Teorema Pythagoras
Waktu                   : ..... menit


I.            Standar Kompetensi
3.    Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.

II.            Kompetensi Dasar
3.1.   Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.

III.            Indikator
a.       Menemukan Teorema Pythagoras.
b.      Menghitung panjang sisi segitiga siku – siku jika dua sisi lainnya diketahui.

IV.            Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat menemukan Teorema Pythagoras.
b.      Peserta didik dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)

V.            Materi Ajar
a.       Menemukan Teorema Pythagoras.
b.      Menerapkan Teorema  Pythagoras.

VI.            Metode Pembelajaran
Metode : Ekspositori
Pendekatan : Deduktif

VII.            Langkah-langkah Kegiatan

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.     Guru mengucapkan salam.
b.     Guru memimpin do’a.
c.     Guru menyampaikan apersepsi (tujuan pembelajaran), memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.


.... menit
2.
Kegiatan Inti:
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Memberikan stimulus berupa pemberian materi kepada peserta didik mengenai cara menemukan Teorema Pythagoras, danmenghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui. Kemudian peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1, mengenai menemukan Teorema Pythagoras).
b.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh soal mengenai cara menemukan panjang sisi miring segitiga siku-siku dengan menggunakan Teorema Pythagoras.
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
b.      Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
c.       Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
d.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
e.       Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
e.       Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
f.       Membantu menyelesaikan masalah.







....menit
3.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik danatau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
b.      Guru menutup pelajaran, berdo’a, dan mengucapkan salam.



....    menit

VIII.            Alat dan Sumber Belajar.
Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          White Board
-          Spidol

Sumber :   
-          Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1.
-          Buku referensi lain.

IX.            Penilaian Hasil Belajar.

Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menemukan Teorema Pythagoras

·         Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
Tes tertulis

Uraian

·   Panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm.
Tuliskan hubungan antara a, b, dan c.

·   Panjang salah satu sisi segitiga siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.

·   Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm, b cm, dan panjang sisi miring adalah c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.

·   Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm dan panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ………



( ......................................... )
NIP/NIK :…………..………

Semarang,      November 2012
Guru



( ............................................ )
NIP/NIK :…….……….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar